Home > Uncategorized > RI Gandeng China Kembangkan Padi Hibrida

RI Gandeng China Kembangkan Padi Hibrida

JAKARTA – Pemerintah Indonesia (RI) menggandeng China untuk mengembangkan padi hibrida di Tanah Air. Kerja sama kedua negara tersebut akan dimulai dengan kedatangan peneliti dari China untuk melakukan kerja sama dengan peneliti Badan Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) dalam pengembangan padi hibrida.

“Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga tahun,” kata Kepala Balai Pusat Penelitian Padi Hibrida Indonesia, Kasdi, di Jakarta, Jumat (31/12/2010).

Menurut dia, kerja sama yang dilakukan Badan Litbang Kementan dengan Long Ping Hi-Tech tersebut akan difokuskan pelaksanaanya di Provinsi Lampung dan secara bertahap akan dikembangkan di provinsi lain yang dianggap baik untuk pengembangan padi hibrida.

Secara lebih spesifik, lanjutnya, kerja sama tersebut pelaksanaannya akan dipusatkan di kebun percobaan Natar dan lokasi sekitarnya, tepatnya di Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Dikatakannya, alasan pemilihan lokasi karena berada di sekitar kebun percobaan Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Lampung, memiliki sarana irigasi serta merupakan salah satu sentra produksi padi di Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara itu Kepala Badan Litbang Pertanian Haryono mengatakan, kerjasama tersebut dimaksudkan antara lain untuk melakukan uji adaptasi dan uji multilokasi beberapa kombinasi padi hibrida dari China.

Kemudian untuk mendapatkan beberapa kombinasi padi hibrida asal China yang telah dilepas di Indonesia yang dapat dikembangkan di Provinsi Lampung dan sekitarnya. Pengembangan laboratorium dan sarana penunjang lainnya di kebun percobaan Natar, BPTP Lampung guna menunjang pengembangan padi hibrida di provinsi tersebut.

“Pengembangan padi hibrida merupakan salah satu jawaban yang kita upayakan dalam memacu peningkatan produksi terutama untuk mendukung swasembada dan swasembada berkelanjutan,” katanya.(Sudarsono/Koran SI/rhs):okezone

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: