Home > Uncategorized > Pemprov Kudus Beri Benih Padi Gratis Ke Petani, Pemprov Gorontalo Gimana?

Pemprov Kudus Beri Benih Padi Gratis Ke Petani, Pemprov Gorontalo Gimana?

Petani padi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memperoleh bantuan benih padi gratis dari pemerintah provinsi untuk lahan seluas 6.000 hektare guna meringankan beban mereka yang gagal panen.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Kudus, Budi Santoso, di Kudus, Minggu, bantuan benih padi gratis tersebut segera didistribusikan kepada petani pada pertengahan Maret 2011.

“Pendistribusian akan dilakukan melalui kelompok tani,” ujarnya.

Sebelum didistribusikan, dinas pertanian akan menginventarisasi luas areal lahan tanaman padi yang benar-benar membutuhkan bantuan benih padi gratis.

Selain itu, kata dia, pendistribusian bibit padi juga harus disesuaikan dengan rencana tanam para petani, karena bibit tersebut memiliki batas waktu penyimpanan.

“Penyimpanan bibit padi yang terlalu lama, justru menyebabkan pertumbuhan tanaman padinya kurang maksimal,” ujarnya.

Areal tanaman padi yang dipanen, katanya, belum semua daerah dan masih ada sebagian petani yang belum panen.

Nantinya, kata dia, setiap hektare lahan mendapatkan jatah 30 kilogram (kg) bibit padi.

Dengan adanya bantuan tersebut, dia berharap, dapat meringankan beban petani yang diperkirakan tingkat produksinya dipengaruhi oleh faktor alam.

Berdasarkan catatan Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Kudus, luas areal tanaman padi di Kudus yang terendam banjir seluas 122 hektare.

Tanaman padi yang dipastikan puso, menurut dia, sekitar 35 hektare tanaman padi yang ada di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, akibat terendam banjir dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Puluhan hektare lahan tanaman padi yang terendam banjir tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Mejobo seluas 87 hektare dan Kaliwungu seluas 35 hektare dengan usai tanam berkisar antara 15-80 hari.

Luas areal tanaman padi yang tergenang mulai berkurang, dibanding sebelumnya ketika curah hujan cukup tinggi.

Adapun daya tahan tanaman padi terhadap genangan banjir tersebut disesuaikan dengan tingkat genangan. Menurut dia, apabila ketinggian genangan hanya setengah dari ketinggian tanaman padi, maka tanaman tersebut masih mampu bertahan hingga dua pekan lebih.

Kondisi berbeda, ketika genangan air mencapai ketinggian tanaman, maka tanaman tersebut hanya mampu bertahan hidup selama lima hari, ujarnya menambahkan.[](ant)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: